Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Rabu, 24 Juni 2009

Menang tanpa mengalahkan



Menang tanpa harus Mengalahkan

Disekitar kita saat ini banyak terjadi kompetisi politik. Namun yang disayangkan seringkali dalam kompetisi itu yang kalah tidak mau mengakui kekalahannya dan yang menangpun merasa congkak seakan hanya dialah yang paling berharga dengan menafikkan yang lain.
Akibatnya bisa diduga setiap kompetisi diakhiri saling protes dan kericuhan berkepanjangan, meski awalnya semua berjanji siap kalah dan siap menang.

Kompetisi atau persaingan sebenarnya bukan semata mencari yang menang dan kalah tetapi mencari sesuatu yang lebih baik bagi semuanya. Jika prinsip ini di anut maka kompetisi akan berlangsung sehat; karena diyakini yang menang atau yang kalah sama-sama berperan mencari sesuatu yang lebih baik.
Pemenang akan menghormati yang kalah, sedang yang kalahpun tidak merasa terhina karena dia juga ikut berperan dalam proses membangun sesuatu yang lebih baik bagi semua

Disamping itu, yang kalah tidak perlu kecewa karena sebenarnya dia juga berperan penting ”mengantarkan” terciptanya pemenang.
Bayangkan kalau suatu kompetisi hanya diikuti 1 orang pasti tidak akan ada pemenangnya. Demikian juga yang kalah bisa bangga, karena kemampuannya dapat menentukan kualitas pemenangnya . Dalam kompetisi yang pesertanya berkualitas buruk pasti pemenangnya-pun ikut buruk. Tetapi kalau semua peserta dan penantangnya berkualitas tinggi maka pemenangnya juga akan berkualitas lebih tinggi lagi.

Selama masa kompetisi politik ini ada baiknya mengingat pepatah jawa ” menang tanpa ngasorake” atau ”menang tanpa mengalahkan”, artinya menang untuk mencapai sesuatu yang lebih baik bagi semua, bukan untuk mengalahkan atau mempermalukan yang lain...., dengan prinsip ini bekas penantang bisa menjadi kolaborator yang tangguh sepeti halnya Obama dan Hillary...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar