Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Senin, 08 Juni 2009

Mistakes


Kesalahan tidak harus dihukum,

Menurut ahlinya, mengembangkan kebudayaan inovatif itu harus berlandaskan budaya “tidak takut salah” dan “berani mencoba yang baru”.

Berarti kalau kita mau mengembangkan budaya inovasi harus bisa men-tolerir kesalahan….

Bukankah kesalahan itu adalah factor utama dari kegagalan ,mengapa kemudian hal ini harus dimaklumi.?


Sebenarnya tidak semua kesalahan harus dihukum dan juga sebaliknya tidak semua kesalahan bias ditolerir.

Secara garis besar ada 3 macam kesalahan :

  1. Kesalahan karena masalah integritas, seperti berbohong, manipulasi data, mencuri dan lainnya yang sejenis.
  2. Kesalahan karena kelalaian, biasanya kesalahan terjadi karena melanggar prosedur yang ada, teledor tsb.
  3. Kesalahan karena mencoba hal baru untuk perbaikan, misalnya mengembangkan produk baru, mencoba sistem baru dsb.

Kesalahan golongan pertama (karena integritas) tidak bisa dimaklumi sama sekali, harus dihukum tegas sesuai aturannya dan dikeluarkan dari sistem.

Kesalahan golongan kedua (karena kelalaian) ,sama ,tidak bisa ditolerir tetapi sangsinya juga diimbangi dengan upaya untuk mendidik dan mengembangkan yang bersangkutan. Ini didasari karena orang yang berbuat salah pada golongan kedua sebenarnya tidak ada niat jahat, Kesalahan terjadi lebih karena teledor dan kurang teliti.

Sedangkan Kesalahan golongan ketiga (mencoba hal baru) inilah yang boleh ditolerir, karena jika sukses dengan percobaan itu akan dihasilkan inovasi atau penemuan baru yang sangat beguna. Andaikata gagal anggaplah itu sebagai biaya investasi untuk belajar dan memperbaiki diri di waktu selanjutnya.


Selamat mencoba yang baru, dan jangan takut salah dan belajarlah dari kesalahan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Sometime, MISTAKES are an important part of Life..

1 komentar:

  1. Banyak terima kasih atas informasinya Pak Pre. Sangat bermanfaat bagi kami-kami yang baru belajar memiliki anak buah.

    Salam belajar terus.

    BalasHapus