Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Rabu, 17 Juni 2009

Niteni,Nirok-ke,Nambahi


Niteni, Nirok-ke dan Nambahi

Tidak diragukan lagi pengembangan dan Innovasi adalah kata kunci untuk mencapai dan mempertahankan kesuksesan.

Semua orang yakin akan hal itu, hanya bagaimana sebenarnya proses pengembangan (development) dan Inovasi itu bisa dilakukan ?. Telah banyak teori dan metode dikembangkan dan dibahas, tetapi ada ide orisinal tentang hal itu yang bersumber dari tokoh bangsa Indonesia : Ki Hajar Dewantoro.

Beliau memperkenalkan konsep 3 N (dalam bahasa Jawa), yaitu Niteni, Nirok-ke dan Nambahi.

NITENI : (mengamati)

Artinya kita harus selalu mengamati apa yang sudah dikerjakan oleh orang disekitar kita yang bermanfaat bagi masayarakat

NIROK-KE (meniru)

Setelah mengamati apa yang baik, jangan malu untuk meniru, karena dengan meniru kita bisa cepat mendapat sesuatu yang baru tanpa harus mulai dari awal lagi (menghindari re-inventing the wheel)

NAMBAHI (menambah dan menyempurnakan)

Tahap ini adalah yang paling penting, setelah meniru jangan berhenti disitu,karena kalau hanya bisa meniru kita akan terjebak menjadi penjiplak dan plagiator, oleh karena itu setelah pandai meniru dan mguasai prosesnya, kita harus bisa menambahkan sesuatu sehingga menjadi lebih baik dan lebih sempurna, disinilah development dan inovasi terjadi.

Ketiga tahap tersebut harus dilakukan berturutan, dan jika siklus ini dilakukan secara kontinyu maka proses pengembangan dan Inovasi akan berjalan efektif dan efisien .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar