Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Senin, 15 Juni 2009

optimisme pelatih bola


Optimisme pelatih bola

Beberapa puluh tahun lalu tim junior sepak bola Indonesia pernah bertanding dengan tim Junior Argentina di Jepang, saat itu tim Argentina diperkuat pemain muda yang kelak jadi bintang yaitu Diego Maradona.

Pelatih Tim Junior Indonesia saat itu Alm.Pak Sutjipto Soentoro, ketika diwawancarai wartawan jepang tentang kans kemenangan tim nya melawan Argentina (yang belum terkalahkan dan dijagokan sebagai juara dunia Junior), menjawab dengan tenang : Indonesia Akan menang 2 : 0 dari Argentina

Besoknya ternyata pertandingan tidak imbang dan Indonesia dikalahkan telak, kalau tidak salah 7 :0.

Selesai pertandingan Sutjipto ditanyai lagi, mengapa kemarin yakin menang tetapi kenyataannya kalah telak dari Argentina. Sutjipto membalas ,kira-kira jawabannya demikian, : “ Dengan yakin menang pun ternyata tim saya masih kalah telak, apalagi kalau kemarin saya mengakui team saya kalah kuat dari Argentina, pasti Indonesia bisa kalah lebih banyak lagi.”

Ungkapan Pemimpin akan sangat mempengaruhi semangat teamnya, jika pemimpin hilang semangat pasti team nya akan lebih tidak semangat lagi, oleh karena itu patut dicontoh sikap pelatih Sutjipto Soentoro, meski semua tahu Indonesia kalah kuat dibanding Argentina tetapi tetap yakin dan optimis.

Optimisme dari pemimpin sangat diperlukan untuk memacu semangat juang teamnya terutama di masa-masa sulit. Optimisme itu kalau pun tidak membuat keberhasilan yang besar paling tidak bisa menghindari kegagalan yang fatal…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar