Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Sabtu, 04 Juli 2009

Perbedaan


Manusia diciptakan tidak ada yang sama, demikianlah kehendak Tuhan. Sehingga perbedaan adalah hal yang lumrah bagi Tuhan. Hanya manusia kadang agak alergi dengan perbedaan. Karena jika ada perbedaan selalu menganggap yang satu lebih benar dari yang lain.
Betulkah kalau dua orang berbeda pendapat berarti pasti yang satu benar dan yang lain salah ?

Sebagai ilustrasi sederhana, ada dua orang melihat sebuah Televisi, seorang melihat dari depan dan seorang melihat dari belakang. Yang melihat dari depan akan mengatakan bahwa televisi itu indah ada gambarnya berwarna warni yang hidup, sedang orang yang melihat dari belakang mengatakan Telivisi itu hanya kotak hitam dari Plastik...
Jika kedua orang itu di adu maka sampai kapanpun mereka akan berdebat dan semuanya merasa benar, dan memang kedua-duanya benar .
Keduanya tidak akan bisa saling mengerti selama mereka tetap berdiri di posisi masing-masing, pemahaman akan berubah 180 derajat jika mereka bertukar tempat, barulah mereka saling memahami.

Kenyataan dalam hidup mungkin tidak se-simpel kasus orang melihat TV diatas , dimana berpindah posisi bisa dilakukan amat mudah. Dalam Kenyataan hidup banyak perbedaan yang tidak bisa diselesaikan hanya karena tidak mau coba melihat dari sudut pandang lawan bicara.

Oleh karena itu jika ada yang berbeda pendapat dengan kita janganlah terlalu cepat menyalahkan, bisa jadi jika kita sudah benar, tetapi mereka pun bisa benar. kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Perbedaan patut dihargai, karena perbedaan akan membuat cakrawala berpikir kita menjadi lebih lengkap. Ibarat taman bunga, makin indah jika bunganya berbeda-beda warna. Perbedaan itu menjadi karunia Tuhan yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar