Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Sabtu, 04 Juli 2009

Paralysis by Analysis


Orang sering kaget melihat seorang teoritis pandai katakanlah sarjana jebolan Fak. Ekonomi tetapi tidak berani berdagang karena takut gagal. Sebaliknya banyak saudagar yang berhasil meski tanpa kemampuan teori ekonomi yang memadai.

Memang ilmu dan teori membuat orang dapat lebih dalam memahami permasalahan dan resiko. Tetapi juga membuat orang menjadi ragu untuk bertindak karena terlalu banyak pertimbangan dan akhirnya tidak berbuat apa- apa.


Sebagai lawannya, orang yg tanpa teori dan analisa biasanya cepat bertindak karena tidak mempertimbangkan banyak hal , bisa jadi karena berani atau memang tidak tahu masalahnya, yang penting jalan dulu. Kalau berhasil lebih karena insting dalam trial dan error. Akibatnya keberhasilannya pun tanpa dasar sehingga sukar ditularkan.

Yang ideal adalah orang yang berani praktek tetapi juga punya dasar teori dan informasi yang cukup. Jika orang seperti ini berhasil maka keberhasilannya bisa di runut-ulang dan ditularkan karena ada data dan sistematikanya. Demikian pula kalau gagal bisa jadi pelajaran bagi orang lain agar tidak ditiru.

Masalahnya adalah bagaimana menyeimbangkan kedalaman teori analisa dengan keberanian bertindak praktis.


Jenderal Collin Powell memberikan rumusan P=40 dan 70, artinya jika probabilitas keberhasilan 40% dan informasi yang kita punyai 70%., maka jalan kan proyek atau gagasan itu.


Kalau masih ragu untuk bertindak, ingatlah pesan Aa Gym tentang 3 M yakni Mulailah dari yang kecil, Mulailah dari diri sendiri dan Mulailah sekarang !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar