Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Kamis, 16 Juli 2009

Menata Hati


MENATA HATI,

Seseorang merasa sedih karena dompetnya hilang dijalan bersama uangnya 5 juta rupiah. Ia kesal karena uangnya harus berkurang. Beberapa hari kemudian orang yang sama, uangnya berkurang lagi 5 juta, tetapi tapi kali ini tidak ada kekesalan malah bahagia karena uangnya berkurang untuk disedekahkan ke orang lain dengan keridloan hatinya

Ada fakta yang sama, sama sama berkurang uangnya , tetapi mengapa yang satu sedih dan lainnya bahagia? Ini karena sikap pandang hati yang berbeda.

Dulu pernah ada cerita seorang budayawan Yogya kehilangan sepeda satu2nya karena dicuri orang. Awalnya dia sangat geram tetapi dalam sesaat dia sudah tersenyum, "Ah mengapa harus sedih kecurian, saya ikhlaskan saja dan saya menganggap memberikan sepeda itu sebagai hadiah buat pencuri itu dan semoga bermanfaat baginya".

Memberi dan dicuri sebenarnya ada yang sama yaitu sama2 sepedanya pindah ke orang lain, hanya bedanya yang satu seijin kita yang lain tidak.

Kalau melihat kenyataan diatas , perasaan sedih, kesal dan gembira tidak melulu karena keadaan tetapi lebih disebabkan bagaimana sikap didalam hati.

Sedih-suka, kesal-gembira hanya berbatas garis tipis kadang orang bisa berubah dari sedih ke gembira hanya dalam sesaat. Bukan karena kondisi dan kenyataan yang berubah tetapi lebih disebabkan karena perubahan sikap hati.

Semua masalah dan tantangan memang harus dituntaskan, namun ada kalanya kita merasa tak berdaya untuk mengatasi dan menghindarinya. Pada saat itulah kita butuh menata hati dengan berpikir positif.
Salah satu kunci kebahagiaan adalah menata hati, insya Alloh semua berubah menjadi terang.

Ada puisi yang dikirimkan rekan saya, Yohanes Sutasurya, judulnya ANYWAY, rasanya cocok sebagai inspirasi untuk menata hati kita dalam menghadapi kehidupan manusia yang penuh warna .

ANYWAY;

People are often unreasonable, illogical and self centered;
Forgive them anyway.

If you are kind, people may accuse you of selfish, ulterior motives;
Be kind anyway.

If you are successful, you will win some false friends and some true enemies;
Succeed anyway.

If you are honest and frank, people may cheat you;
Be honest and frank anyway.

What you spend years building, someone could destroy overnight;
Build anyway.

If you find serenity and happiness, they may be jealous;
Be happy anyway.

The good you do today, people will often forget tomorrow;
Do good anyway.

Give the world the best you have, and it may never be enough;
Give the world the best you've got anyway.

You see, in the final analysis, it is between you and your God;
It was never between you and them anyway

Puisi diatas ditulis oleh Kent M. Keith. Lihat : http://www.dbooth.org/guat2000/small/teresa.htm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar