Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Senin, 27 Juli 2009

Pengalaman dan Kaca spion



Maukah anda mengendarai mobil tapi hanya boleh lihat kaca spion? Jawabnya pasti TIDAK, karena pasti akan nabrak, kecuali kalau anda lagi memundurkan mobil.

Namun dalam kenyataan banyak diantara kita yang menjalankan hidup seperti orang yang melihat kaca spion. Utamanya adalah orang yang sangat mengagung-agungkan pengalaman.

Ada yang sangat bangga mempunyai pengalaman kerja 20 tahun, namun jika dalam 20 tahun itu hanya mengerjakan hal rutin tanpa perubahan maka sebenarnya pengalamannya hanya 1 tahun tapi diulang 20 kali !

Masa depan hampir dipastikan akan berlainan dengan masa lalu, baik sistem, teknologi, tantangan maupun permasalahannya. Sangat absurd jika untuk menghadapinya hanya mengandalkan pengalaman yang mendasarkan pada keadaan masa lampau.

Makin disadari saat ini kunci sukses adalah pada kemampuan untuk membaca trend masa depan dan meangantisipasinya dengan keberanian mengambil tindakan konkret berdasarkan analisa yang komprehensif.

Dengan makin turbulensnya masa depan,, maka yang berhasil di masa lalu belum tentu bisa dijalankan di masa depan. Asumsi inilah yang membuat "pengalaman" makin kehilangan makna,

Pengalaman ibarat kaca spion, bolehlah dilihat sekali sekali tapi jangan mengandalkannya 100 persen untuk mencapai keberhasilan di masa depan
Untuk menghadapi masa depan pengalaman bukanlah segalanya, yang lebih dipentingkan adalah kemampuan logika berpikir untuk mengantisipasi perubahan.

Jadi kita sebenarnya tidak perlu takut menghadapi hal-hal yang baru hanya karena miskin pengalaman.
Tantangan yang dihadapi bukan masa lalu tapi masa depan dan berhentilah melihat "kaca SPION" kecuali kalau memang mau mundur ke belakang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar