Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Rabu, 15 Juli 2009

Boleh salah, tidak boleh bohong


Boleh salah, tidak boleh bohong,

KOMPAS 13 Juli 2009 telah memuat berita tentang keraguan apa benar manusia sudah mendarat di Bulan.
Langit bulan yang hitam pekat dan bendera Amerika yang berkibar menjadi perdebatan tentang originalitas film pendaratan di Bulan.
Di bulan tidak ada atmosfir dan angin, sehingga seharusnya langit Bulan akan lebih cerah dari bumi dan bintang akan sangat terlihat terang . Karena tidak ada angin maka apa benar bendera bisa berkibar di Bulan?

Tentu saja keraguan ini dibantah oleh astronout Neil Amstrong dan Edwin Aldrin yang mengaku mempunyai pengalaman tak terlupakan selama 2,5 jam mendarat di Bulan.
Perdebatan ini akan panjang dan hanya waktu yang akan membuktikan mana yang benar.

Lepas dari benar tidaknya hal itu, patut disimak seloroh masyarakat tentang apa bedanya Ilmuwan dengan Politisi buruk.
Kalau Ilmuwan boleh salah tapi tidak boleh bohong, sedang yang satunya tidak boleh salah tapi boleh bohong...

Ilmu adalah agregat dari penelitian yang ada. Hampir tidak ada penelitian yang stand alone, dalam arti tidak mendasarkan pada penelitian yang lain.
Sehingga jika ada satu kebohongan dalan penelitian maka akan menghancurkan rantai ilmu pengetahuan yang ada.

Oleh karena itu kebohongan di haramkan dalam penelitian. Kalau kesalahan adalah wajar, bahkan banyak kemajuan penelitian yang berlandas pada kesalahan yang pernah dibuat, selama kesalahan itu terbuka sehingga bisa dianalisa.

Umumnya "kesalahan" yang terjadi dalam praktek sains lebih disebabkan karena terbatasnya pengetahuan.
Misalnya dahulu sebelum di temukan mikroba dan Antibiotik, kalau orang sakit dianggap disebabkan oleh darah yang kotor sehingga jaman itu terkenal pengobatan dengan "blood letting" yakni mencuci atau mengganti darah yang kotor dengan darah baru. Dengan berkembangnya ilmu medis diketahui konsep itu tidak tepat.

Inovasi bertumpu pada kreativitas , kerja keras dan kejujuran. Manipulasi data dan fakta akan menghancurkan Inovasi.

Peneliti yang baik selalu jujur dan terbuka baik dalam keberhasilan maupun kegagalan, karena kegagalan bagi peneliti adalah kesuksesan yang tertunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar