Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Senin, 28 September 2009

leadership ala "jawa"


Leadership ala "jawa"

Sudah menjadi rahasia umum, keberhasilan suatu organisasi baik itu bisnis, non bisnis maupun negara sangat tergantung pada kepemimpinan atau leadership.

Banyak konsep tentang leadership yang umumnya sepakat leadership mencakup 4 hal yakni :
Path finder, Alignment, Empowerment dan Role Model (Stephen Covey).

Namun jauh sebelum konsep leadership ala barat muncul sebenarnya dasar-dasar leadership sejenis sudah dirumuskan oleh intelektual jawa Ki Hajar Dewantoro dengan 3 konsep kepemimpinannya yakni:

Ing ngarsa sung tulodo
Pemimpin harus bisa berada di depan dan memberi contoh dan menunjukkan arah yang benar dan baik bagi teamnya (Role model dan Path Finder)

Ing madya mbangun Karso
Pemimpin harus bisa bercampur ditengah-tengah anggota teamnya untuk membangun motivasi (karso) , kerja-sama dan commitment untuk mencapai tujuan bersama. (Alignment)

Tut wuri Handayani
Akhirnya Pemimpin juga harus bisa berperan sebagai pendorong dari belakang,. Memberi kewenangan pada teamnya untuk melakukan tugasnya dengan selalu mengamati dari belakang (empowerment). Dan apabila teamnya akan naik atau turun “Kapal” maka dirinyalah yang naik atau turun paling belakang untuk memastikan tidak ada anggota yang tertinggal.

Secara konsep, prinsip Leadership dari Ki Hajar Dewantoro tidak kalah dari Stephen Covey. Semoga konsep leadership asal bangsa Indonesia ini bisa dikenal luas masyarakat dunia. Sebagai anak bangsa diharapkan kita juga mau menghargai dan memakai konsep-konsep dari bangsa sendiri yang memang terbukti baik dan up-to date.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar