Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Jumat, 01 Mei 2009

Sherpa


Sherpa

Pernahkah anda mendengar dan mengenal nama :Tenzing Norgay atau Namgyal Wangdi ,saya yakin banyak yang belum tahu!! Tetapi kalau Sir Edmund Hillary, semua pasti tahu karena yang terakhir disebut adalah penakluk pertama Gunung Himalaya pada tahun 1953.

Tenzing Norgay adalah nama seorang Sherpa yang memandu Sir Edmund Hillary menaklukkan Himalaya . Sherpa ini tugasnya membawa perlengkapan pendakian dan juga menjadi pemandu yang berjalan mendampingi Para pendaki agar tidak Tersesat.

Hanya menjelang mencapai Puncak si Sherpa akan berhenti mendaki dan melangkah mundur untuk memberi jalan pada para pendaki itu untuk menginjakkan kaki yang pertama sebagai penakluk Puncak Himalaya.

Setelah pendakian selesai maka nama-nam pendaki akan dicatat dalam tinta emas dan di publikasikan dalam berbagai media informasi Dunia, tetapi nama Sherpa tidak pernah disinggung dan fotonyapun jarang ikut muncul meski perannya tidak kecil.

Apakah ini salah ? tentu tidak, karena dalam hidup selalu ada 2 fungsi yang saling menlengkapi, ada yang bertugas membuat goal ada yang bertugas membuat bola mengalir mendekati gawang, semua harus bekerja sama. Pendaki & Penakluk Gunung himalaya tidak akan bisa jalan tanpa Sherpa, tetapi Sherpa pun tidak akan ada kalau tidak ada para pendaki Gunung, dua-duanya saling membutuhkan. Tinggal menjadi pilihan hidup apakah kita ingin menjadi “penakluk Gunung” atau menjadi “Sherpa” dua-duanya mulia ,tergantung dari pilihan hati kita masing-masing……

(disadur dari berbagai media)

Foto Tenzing Norgay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar