Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Minggu, 10 Januari 2010

TUMBUH

Di Blora ada pohon jati besar yang umurnya hampir seratus tahun, di China saya pernah lihat pohon Ginko-biloba yang berumur ratusan tahun, bahkan pohon Sequoia yang dinamai “General Sherman” yang tumbuh di California bisa berumur sampai 2200 tahun dengan tinggi 83 meter dan berat kayunya 6000 ton!
Mengapa pohon-pohon ini bisa berumur panjang dan menjadi sangat besar?.. jawabnya sederhana, karena mereka selalu tumbuh.
Ini cermin bagi kita, jika perusahaan , manusia atau apa saja ingin berumur panjang dan menjadi besar maka berusahalah untuk selalu tumbuh,


Tumbuh dapat diartikan sebagai “tambah” . Setiap tahun selalu kita bertambah, paling tidak tanpa usaha apa-apa kita akan tambah umur dan tambah tua. Tetapi kalau hanya tambah umur saja, sebenarnya kita rugi karena melewatkan kesempatan untuk tumbuh menjadi besar.

Kita akan berumur panjang dan sekaligus bertambah “besar” jika setiap pergantian tahun bisa menumbuhkan dan menambah kemampuan kita, hasil kerja kita, kegunaan kita dan kebijaksanaan kita. Seperti pohon, dengan akarnya yang tak henti-hentinya menyerap makanan mengolahnya di daun agar selalu tumbuh dahan dan ranting yang baru untuk membuatnya menjadi semakin besar dan besar.

Ada 3 kata kunci yang membuat kita bertahan hidup dan tumbuh menjadi besar yakni kontemplasi, resolusi dan aksi.

Awalnya setiap akhir tahun kita ber kontemplasi ,melihat kebelakang apa yang sudah dilkukan apa yang belum dilakukan, keberhasilan dan kegagalan apa yang telah terjadi, semua direnungkan dan diendapkan.
Selanjutnya dengan melihat ke depan kita berencana apa yang akan kita lakukan agar yang belum dilakukan akan kita laksanakan, yang gagal akan kita perbaiki dan yang berhasil akan dipertahankan bahkan ditambah, itulah Resolusi
Yang paling penting agar pertumbuhan terjadi adalah langkah ketiga : AKSI, tanpa Aksi atau tindakan maka renungan dan resolusi hanya akan menjadi impian saja tanpa wujud nyata.
Kebanyakan kita sangat mudah untuk berkontemplasi dan membuat resolusi besar, tetapi menjadi lemah jika harus ber-aksi. Oleh karena itu banyak orang pada setiap ganti tahun hanya tambah umur dan tambah tua tetapi tidak tumbuh menjadi besar,

Sebaiknya kita tidak malas dan takut untuk bertindak karena itu yang akan membuat perbedaan dalam pertumbuhan hidup kita, apakah kita akan hanya growing old atau kita bisa growing up.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar