Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Kamis, 19 November 2009

Telur Columbus


Telur Columbus

Setelah berhasil “menemukan” benua Amerika, Nama Christopher Columbus menjadi tenar di Spanyol , dikisahkan pada suatu jamuan makan malam ternyata ada beberapa orang yang masih tidak suka dengan prestasi itu.

Ah kalaupun Columbus tidak bisa menemukan Indie (Amerika), pasti ada orang lain di spanyol yang bisa menemukannya, karena dengan pengalaman dan kemampuan yang ada, banyak orang spanyol yang bisa melakukan perjalanan seperti Columbus, cuma saja mungkin mereka nggak mau” kata mereka.
Mendengar sindiran itu, Columbus minta diambilkan sebutir telur.“Kalau kamu memang bisa melakukan seperti yang aku lakukan, sekarang tolong buat agar telur ini berdiri tegak pada ujungnya tanpa alat bantu apapun”.

Mendapat tantangan Columbus, semua orang mencoba memberdirikan telur itu, dan semua gagal karena telur itu selalu terguling , akhirnya telur itu dikembalikan ke Columbus.
Maka diambilnya telur itu, lalu diletakkannya dengan sedikit ditekan di meja sehingga bagian bawahnya retak dan telur itupun dapat berdiri di atas meja.

Setelah melihat cara columbus membuat telur “berdiri”, semua orang bergumam “ kalau begitu saja, semua juga bisa!!”, namun pertanyaannya mengapa tidak ada satupun yang melakukannya kecuali Columbus.
Hal tersebut menunjukkan bahwa Columbus punya pikiran yang kreatif dan berani mencoba apa yang belum pernah dilakukan orang, sehingga telur bisa berdiri. Caranya sederhana tetapi tidak pernah dipikirkan dan dilakukan orang lain sebelumnya, itulah Inovasi.

Innovasi memang tidak hanya dilihat hasil akhirnya, tetapi proses dan cara untuk mendapatkan hasil menjadi penting. Setelah orang tahu caranya , maka semua terlihat mudah, tetapi untuk menemukan pertama kali , dibutuhkan kreatifitas dan keberanian untuk mencoba yang tidak pernah dilakukan orang.

Salah satu kunci inovasi adalah keberanian berpikir berbeda dan mencoba hal yang berbeda yang belum pernah dilakukan orang lain. Jangan takut salah, selama kita punya dasar-dasar perhitungan dan tujuan yang jelas. Kesalahan bisa saja terjadi dalam mencari dan menemukan hal yang baru, jadikan kesalahan itu sebagai batu pijakan untuk mencoba yang lebih baik.

Beberapa waktu lalu saya ke Barcelona, dan secara khusus mengunjungi patung Columbus, ketika berdiri dibawahnya, saya kembali teringat kisah telur Columbus. Innovasi memang butuh keberanian untuk berpikir berbeda dan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang, dengan segala resikonya. Keberanian itulah yang membuat orang-orang seperti Columbus atau Thomas Alfa Edisson menjadi inovator besar.

Inovasi, 19 November 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar