Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Senin, 10 Agustus 2009

kekuatan maaf


Kekuatan ”Maaf”

Pada jaman Nabi dikisahkan ada seorang umat yang baik tetapi pada saat sakratul maut menjelang ajal terlihat sangat tersiksa dan berjalan lama sekali. Akhirnya keluargaminta tolong ke Nabi. Ternyata umat itu pernah melukai hati ibunya dan belum mendapatkan maaf. Sang Ibu ditanya apakah mau memaafkan sang anak, dengan berat hati Si Ibu menyatakan tidak bisa memaafkan anaknya karena luka dihatinya sangat dalam.
Kalau Sang Ibu tetap tidak memaafkan, Nabi menganjurkan untuk membakar hidup-hidup saja umat itu agar bisa segera terbebas dari sakratul maut. Mendengar hal itu si Ibu langsung menjerit dan berkata : ” Aku maafkan semuanya, aku ikhlas memaafkan untuk anakku”. Seketika itu berhentilah siksaan ajalnya, dan si umat langsung meninggal menghadap kholiknya dengan tenang...

Kisah diatas menunjukkan bahwa kata ”maaf” mempunyai kekuatan dan makna yang sangat kuat baik untuk yang diberi maaf maupun yang memberi maaf, tetapi untuk memaafkan dan meminta maaf bukanlah hal yang mudah .

Banyak yang berpendapat kalau orang yang mudah memaafkan dan minta maaf terlihat seperti orang yang lemah dan kalah . Akibatnya banyak orang enggan meminta maaf dan memaafkan hanya demi gengsi dan harga diri.

Manusia bukanlah makhluk sempurna , sering khilaf dan salah. Kalau kita menampung semua khilaf dan kesalahan orang lain tanpa mau memaafkan, bisa dibayangkan betapa beratnya hidup ini. Tanpa memaafkan kita seakan terasingkan dan putus hubungan dengan banyak orang .
Memaafkan sangat dianjurkan karena akan mengurangi beban hidup, dengan memaafkan akan terbuka jalinan kerjasama yang dulunya terputus.
Memaafkan bukan berarti mentolerir kesalahan dan kekurangan , tetapi dengan memaafkan kita bisa membuka lagi hubungan yang putus sehingga kesalahan dan kekurangan yang lalu bisa diperbaiki, atau paling tidak, dicegah untuk tidak terulang lagi.

Dengan memaafkan kita menjadi orang yang lebih berguna bagi sesama karena bisa memberikan kesempatan orang lain untuk memperbaiki diri. Secara bersamaan, memaafkan juga meningkatkan kemampuan mawas diri kita karena dengan memaafkan kita sadari tidak ada yang sempurna didunia ini semua butuh perbaikan, termasuk diri kita juga.

Dilain pihak, bagi yang berani meminta maaf sebenarnya dia telah membuka dirinya untuk perbaikan, dengan minta maaf berarti sudah menyadari kesalahan yang dibuat.
Perbaikan hanya bisa dilakukan kalau kita sudah tahu dan menyadari adanya kekurangan serta kesalahan. Keberanian meminta maaf menunjukkan keberhasilan kita dalam mengidentifikasi kekurangan dan kesalahan yang ada, dan itulah jalan menuju kesuksesan.
Orang yang enggan minta maaf , artinya menutup diri dari perbaikan .

Pertengkaran, permusuhan, peperangan dan teror akan hilang digantikan dengan perdamaian ,perbaikan dan kesejahteraan , jika kita mau dan berani memaafkan dan minta maaf.

Jangan ditunda lagi, mulailah hari ini untuk minta maaf dan memaafkan apapun kesalahannya dan kepada siapapun salahnya.
Kata maaf dipercaya menjadi bekal utama untuk ibadah dan perbaikan hidup yang tiada hentinya di dunia dan di alam kekal kelak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar