Salam dari Saya

Foto saya
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya. Hal penting dalam hidup,bahwa manusia harus terus berkembang dalam segala hal agar bisa berhasil dan selalu mawas diri. Oleh karena itu kami buat blog ini untuk berbagi tanpa harus menggurui. Semua orang punya kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan akan menjadi lebih baik bila mau saling mengisi dan berbagi.

Minggu, 11 Januari 2009

Selalu bisa dari diri sendiri (mawas diri)


Dalam menghadapai tantangan hidup selalu ada permasalahan dan ketidak puasan.

Banyak pula kejadian yang tidak kita harapkan seperti kegagalan, tidak berhasil dalam usaha bahkan sampai merasa difitnah atau dianiaya..

Dalam kondisi seperti itu kita sering tergoda untuk menyalahkan pihak lain, atau menuntut pihak lain untuk berubah. apakah benar demikian??

Kata orang bijak , yang paling baik dalam menghadapi hal tersebut adalah mawas diri, selalu ada yang dapat kita perbaiki dalam diri kita untuk meraih kesuksesan dan menghapus kegagalan. karena bagaimanapun merubah dan memperbaiki diri sendiri akan lebih cepat dan bisa dilakukan daripada mengharap orang lain berubah lebih dulu.

Dan ibarat petani, tidak mugkin mengharapkan panennya dulu baru mau menanam benihnya, tetapi kita harus rela menanam benihnya dulu baru mengharapkan panen-nya.


Demikian pula dalam kasus kita "merasa" benar-benar tidak bersalah misalnya, kalau kita difitnah orang lain. Nah dalam hal difitnah sekalipun sebenarnya kita juga perlu mawas diri, meskipun kita tidak salah, namun pertanyaan yang perlu kita gali adalah "mengapa harus saya yang difitnah dan bukan orang lain??", nah mungkin ada sesuatu yang lain dalam diri kita yang pelu diperbaiki juga...


Salam, mulailah dari diri sendiri,
Agusta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar